Tuesday, November 23, 2004

Lebaran Setelah Pulang dari Gereja

Lebaran tahun ini jatuhnya tepat di hari Minggu dan ada hal yang buat gue seneng walaupun mungkin kesannya nggak penting..

Gue & bokap gereja pukul 06.00 WIB, jalan kaki, maklumlah kalo pagi² bokap maunya jalan, biar sehat.. huehehehe..

Selesai kebaktian sekitar pukul 07.30 WIB dan berjalan kakilah kita menuju rumah. Kebetulan rumah gue berdekatan dengan sebuah mesjid dan satu bangunan dengan tempat tinggal Imam-nya. Setiap gue pulang dari gereja, gue pasti melewati mesjid itu, dan kebetulan.. pas gue lewat situ pas tetangga lagi bersalaman didepan rumahnya.. rame banget.. baru selesai sholat Ied kali yaaa...

Lalu gue bilang sama bokap gue,
"Pa, kita mampir, yuk, salaman sama mereka.. Ikutan Lebaranan juga, mumpung lagi lewat sini.."
"Kamu mau? Ya udah kita mampir dulu."
Mampirlah kita di rumahnya dan saling bersalaman dengan tetangga yang kebetulan juga ada disitu.. Hati gue saat itu langsung excited sendiri, gimanaaaa gitu.. Mmmpphh... mungkin nggak terlalu berkesan buat orang lain, tapi ini berkesan banget buat gue.. Apalagi waktu Bapak Imam tersebut melihat kami berdua, "wahhh... nggak nyangka mau mampir kesini.. baru pulang dari gereja yaa? ayo masuk dulu, nyicip2 kue buatan ibu!", gimanaaa gitu... ada yang beda.. lalu, tetangga-tetangga yang lain juga --menurut gue-- agak excited juga begitu gue ber-minal aidin sementara tangan gue yang satu megang Alkitab & buku lagu kebaktian.

Saat itu juga gue berpikir, seandainya semua orang bisa rukun tanpa membedakan satu sama lain.. dia A atau dia B atau apalah namanya.. pasti dunia akan damai banget seperti perasaan gue saat itu.. Apalagi pada saat sekarang, dimana banyak sekali terjadi masalah yang mengatasnamakan agama.. makin murka nggak sih Tuhan sama kita? Terkadang gue suka mikir, kok seakan2 kita ini merasa paling benar yaa? Kalau kata pendeta gue, pengadilan tertinggi adalah pengadilan yang ada "di atas" dan nggak bisa disuap dengan apapun juga.

Well, ini adalah Lebaran terindah yang gue pernah alami selama 23 tahun ini... gila yaaaa... ini nggak berlebihan.. it cames truly from my heart.. :)

Bagaimana dengan Lebaran kalian? Lo bisa cerita apa aja kok ke gue, please drop a comment, yaaa..

No comments: